Rabu, 22 Mei 2013

PENDIDIKAN BERBASIS INTERNET



Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya media internet mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Negara-negara maju dan juga negara berkembang telah menjadikan internet sebagai salah satu fasilitas yang cukup menentukan dalam pengembangan negara tersebut.
Indikator ini menandakan bahwa masyarakat telah sadar akan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam menunjang aktifitas dan pemenuhan kebutuhan. Selain itu, sebagai wadah mempermudah pekerjaan lebih efektif tanpa menyita waktu banyak.
Manfaat teknologi informasi dan komunikasi melalui internet secara mendetail dapat dilihat penggunaannya dalam memajukan pendidikan. Seperti penggunaan pembelajaran jarak jauh berbasis internet. Sampai saat keberadaan internet dinilai sebagai salah satu media yang cukup ampuh dalam melakukan segala kegiatan, baik belajar, bekerja, bermain, membentuk kepribadian serta membawa kita kepada komunitas (maya) sedunia.
Ilmuwan komunikasi massa telah memprediksikan bahwa Teknologi Komunikasi akan menjadikan dunia seolah-olah sebagai global village (perkampungan global). Semakin canggih teknologi komunikasi yang digunakan, maka semakin berkurang “waktu tempuh” yang diperlukan untuk menyampaikan suatu informasi dari dan kebelahan dunia lain. Beliau menegaskan bahwa jenis media komunikasi memegang peranan utama bagi seseorang dalam mengartikan pesan yang disampaikan atau yang diterima.
       Melalui sarana teknologi,masyarakat mendapatkan dampak edukatif sehingga menghasilkan kesadaran optimasi yang dapat mendukung aktifitas, meningkatkan kualitas, kuantitas, serta pendayagunaan Sumber Daya Manusia dibidang teknologi yang sangat memungkinkan masyarakat untuk belajar secara elektronik.
            Menurut Jack Febrian dalam DR Naswil Idris di kutip dari Prof Everett M. Rogers, (2003: 14) mengemukkan bahwa internet mempunyai beberapa kelebihan:
1.      Interactivity; bersifat interaktif antar dua dan lebih individu yang berhubungan.
2.      De-massified: bersifat menggabungkan hubungan pribadi dan media massa secara serentak.
3.      A-synchronous; dalam arti waktu dan inisiatif berkomunikasi ditentukan oleh kita sendiri; bukan orang lain.
4.      Information Sources : dapat memperoleh, menyimpan dan menyampaikan informasi secara tidak terbatas.
Multi fungsi yang dimiliki internet memicu semakin meningkatnya jumlah pelanggannya. Data yang bersumber dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJJI), April 1999 lalu menyebutkan jumlah pelanggan yang ada pada tahun 2000 dari sekitar 210 juta penduduk Indonesia, adalah sebanyak 384.000, sedangkan pengguna internetnya sendiri adalah sebanyak 1.450.000 users.
       Sedangkan pertumbuhan tertinggi yang terjadi pada tahun 1996 hingga 2000, adalah antara 1998 dan 1999. Anehnya, kalau  diperhatikan pada saat ini adalah merupakan waktu krisis yang sengat berat di Indonesia. Pertumbuhan pengguna yang terjadi mengagumkan sebanyak 237.5% dari tahun sebelumnya. 
Sementara hasil survei yang dikeluarkan oleh AC NEILSEN, kebanyakan akses ke internet di Indonesia khususnya langsung dari kantor sebanyak 52%, Warnet 26%, Sekolah/Kampus 19%, rumah saudara 13%, rumah sendiri 11%, umumnya lebih banyak untuk mengakses surat elektronik atau yang dikenal sebagai e-mail.
Kecepatan informasi yang semakin tinggi dan perkembangan teknologi yang semakin cepat  membawa dunia memasuki era knowledge based society dimana penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menjadi landasan dalam kehidupan sehari-hari, baik dikalangan masyarakat luas ataupun yang dikhususkan pada dunia pendidikan. Teknologi informasi sebagai peluang terjadinya transformasi dalam dunia pendidikan masa depan terutama dengan diperkenalkannya sejumlah konsep semacam e-library, virtual class, digital library dan lain-lain yang tidak lagi bergantung pada batasan-batasan fisik dari sumber daya.
Sarana teknologi informasi dapat memadukan beragam fungsi dan proses dalam penyelenggaraan administrasi pendidikan, terutama yang menyangkut alokasi sumber daya pembelajaran (pengajar, peserta didik, ruang kelas, peralatan dan lain sebagainya) maupun hal-hal penopang lainnya, seperti sistem informasi keuangan, Sumber Daya Manusia, pengadaan dan longistik, dan manajemen dokumen. Penyebaran teknologi internet yang pesat, membuat hampir seluruh pelosok daerah di Indonesia merasakan manfaatnya., terutama penggunaan internet di sekolah-sekolah. Informasi pendidikan dari dinas pendidikan pusat dan propinsi dengan mudah diketahui hanya dengan menggunakan fasilitas dalam jaringan internet.
            Gordon Dryden dan Dr Jeannete Vos (2000 : 91) menilai “Revolusi gabungan Internet-Komputer-World Widw Web telah membentuk generasi baru—lebih dahsyat dibandingkan revolusi  yang dipicu oleh temuan percetakan, radio, mobil, dan televisi.
Kedahsyatan internet membuat Negara Singapura pada tahun 1997 silam menganggarkan khusus  dalam jangka lima tahun hampir 1,5 miliar dolar untuk menerapkan teknologi informasi  interaktif terbaik dunia pada saat itu pada sistem persekolahannya. Pentingnya internet untuk dunia pendidikan sehingga setelah tahun 2002, dari 450.000 pelajar Singapura sudah memiliki satu komputer untuk setiap dua anak. Semua sekolah terhubung ke internet dan para siswa bebas mengakses informasi serta dapat merancang situs web sendiri.
Oleh karena itu tidak bisa lagi disangkal bahwa waktu demi waktu kehidupan manusia termasuk dunia pendidikan  sudah mulai bergantung kepada eksistensi internet. Menurut Hayri (2003: 78) dalam majalah PC Media menilai ketergantungan pada internet sangat dipengaruhi dengan terciptanya aplikasi-aplikasi yang selalu dipermudah, user friendly, halaman web yang selalu inovatif dan informatif, hiburan-hiburan, dan berbagai macam fasilitas yang dapat membuat hidup manusia lebih mudah, internet makin melekat dikehidupan manusia. Dengan demikian, saatnya berkiblat di internet pada percepatan peningkatan mutu pendidikan secara merata dan cepat di seluruh wilayah Indonesia. Harus diakui bahwa internet adalah media yang cukup membantu bagi paradigma pendidikan yang bermutu dan berkualitas di masa kini dan lebih-lebih di depan.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar