Senin, 26 Januari 2015

AYO MENULIS

Menulis merupakan kegiatan pesan dengan menggunakan tulisan sebagai mediumnya. Pesan yang dimaksud berupa isi atau muatan yang terkandung dalam suatu tulisan. Tulisan merupakan sistem berkomunikasi antarmanusia yang menggunakan simbol atau lambang bahasa tulis yang dapat dilihat dan disepakati pemakainya.  Aktivitas menulis melibatkan beberapa unsur, yaitu: penulis sebagai penyampai pesan, isi tulisan, saluran atau media, dan pembaca.
Dalman (2011:3) menyatakan bahwa, ”Menulis merupakan suatu kegitan komunikasi  berupa penyampaian pesan (informasi) secara tertulis  kepada pihak lain dengan menggunakan bahasa tulis  sebagai alat atau medianya”. . Selanjutnya    Nurjamal (2011: 69)  mengatakan bahwa  “Menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis untuk tujuan, misalnya memberi tahu, meyakinkan, menghibur”.
            Menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis. Hasil dari proses kreatif ini disebut dengan istilah karangan atau tulisan.
Menulis merupakan keterampilan berbahasa aktif. Menulis merupakan keterampilan yang sangat kompleks. Menulis juga merupakan media untuk melestarikan dan menyebarluaskan informasi dan ilmu pengetahuan. Orang yang memiliki keterampilan berbicara dan menulis lazim dinamakan terampil berbahasa aktif. Sedangkan orang yang hanya terampil atau mampu menyimak informasi dan membaca suatu bacaan disebut kemampuan berbahasa pasif.
Enre (1994:2) mengemukakan bahwa menulis merupakan kemampuan mengungkapkan pikiran dan juga perasaan dalam tulisan yang efektif. Tentu saja segala lambang (tulisan) yang dipakai haruslah merupakan hasil kesepakatan para pemakai bahasa yang satu dengan yang lainnya harus saling memahami. Apabila seseorang diminta untuk menulis, maka ia akan mengungkapkan perasaannya ke dalam bentuk tulisan. Menulis paling tidak mengandung empat unsur meliputi penulis sebagai penyampai pesan,  pesan atau isi, saluran atau sarana, dan pembaca sebagai penerima pesan. Di samping itu penulis juga mempunyai fungsi. Pertama, fungsi personal (eskpresi), yaitu tulisan yang cenderung tidak meperhatikan aspek struktur dan bersifat bebas. Kedua, fungsi transaksional (praktik) yaitu tulisan yang memperlihatkan interaksi dunia dengan cara menuliskan dan cara menerapkan sesuatu. Ketiga, fungsi artistik (puitik), yaitu tulisan yang berisi ekspresi ide.
Jadi, dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa menulis merupakan kegiatan menuangkan ide atau gagasan dengan menggunakan bahasa sebagai medium yang telah disepakati bersama untuk diungkapkan secara tertulis. Menulis juga merupakan suatu kegiatan yang ekspresif dan produktif. Oleh karena itu,  keterampilan menulis harus sering dilatih secara rutin dan berkesinambungan disertai dengan praktik yang teratur agar kompetensi keterampilan menulis dapat dicapai dengan baik. (*Dari Berbagai Sumber/Takdir Kahar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar